Mengembangkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar – Bagian 2

14 February 2019

Dalam mendidik anak dengan berkebutuhan khusus, guru perlu memperhatikan bagaimana mengembangkan kemandirian anak dalam belajar dan memperoleh pengalaman baru.

Berikut ini strategi yang dikembangkan oleh Laurel Hudson, salah satu guru di Perkins yang disebut “19 Ways to Step Back” atau “19 cara untuk menarik diri” dalam bukunya  Classroom Colalboration.

(Guru memberikan instruksi dan memberikan kesempatan kepada anak untuk banyak melakukan secara mandiri pada kegiatan memasak di SLBN Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Berikut adalah langkah ke 7 sampai 12 yang merupakan kelanjutan dari langkah-langkah yang telah dibahas pada bagian 1.

  1. Usahakan anda mempunyai data perkembangan kemandirian anak.

Untuk mengetahui sejauh mana strategi yang kita terapkan efektif, maka perlu ada data otentik yang akan membantu anda untuk melihat dan membandingkan kemampuan anak sebelum dan sesudah diterapkan strategi tertentu. Data penting sebagai dasar untuk mendesain rencana strategi ke depan agar lebih berdampak signifikan dan bermanfaat bagi anak.

Data juga akan sangat beguna dalam memberikan informasi kepada orang tua dan tenaga profesional lain dalam memahami secara detail kemampuan anak agar mereka agar dapat berpijak pada level yang sama dalam memberikan perlakuan kepada anak. Ketiadaan data dapat memicu keraguan dan bias terhadap efektivitas intervensi yang guru terapkan.

Guru dapat mengambil data perkembangan berdasarkan aspek kemampuan yang telah ditentukan dalam IEP. Target kemampuan harus dapat diukur dan menggunakan kata kerja operasional. Satuan pengukuran kemampuan dapat dilihat dari frekuensi (seberapa sering), durasi / latensi  (seberapa lama), dan seberapa banyak dari sejumlah perlakukan (persentase).

(contoh laporan perkembangan berupa grafik yang menunjukkan pencapain kemampuan anak)

Pada akhir semester / tahun pelajaran, data ini dapat dimasukkan ke dalam portofolio bahan laporan perkembangan anak. Dengan laporan ini, guru akan lebih mudah mengkomunikasikan kemampuan kemandirian yang telah dicapai, dan orang tua akan lebih mudah memahami informasi yang ada karena bentuknya sederhana dan menarik secara visual.

  1. Refkesikan peran anda dalam pendidikan anak. Tugas anda bukanlah “membantu” tetapi “mendidik”.

Bekerja dengan anak-anak dengan disabilitas tentunya berdasar dari jiwa sosial anda yang tinggi. Akan tetapi, keinginan untuk selalu membantu dapat menjadi bumerang bagi anak apabila kita tidak memahaminya secara tepat.

Anda dapat menghabiskan waktu 1, 2, 5 atau 8 tahun bekerja dengan anak yang sama. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang apabila kita selalu “melayani” mereka?

Berapa banyak kesempatan yang terbuang ketika kita selalu menuangkan air ke gelas mereka, menyuapi mereka, membuka dan menutup pintu, memegang tangannya untuk menarik garis dalam menggambar, memasukkan pensil dan buku mereka ke tas ketika jam sekolah habis?

(foto ini menggambarkan bagaimana guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membuka bungkus makanan ringan sendiri. Apabila guru kita tidak sabar untuk terus membantu, maka anak kehilangan kesempatan untuk menguasai ketrampilan-ketrampilan kecil ini)

Fokuskan pada kemampuan apa yang dapat dikembangkan dalam waktu 1, 2, 5 atau 8 tahun anda bekerja dengan anak.

Pada umumnya anda mempunyai mimpi siswa anda mencapai kemampuan yang optimal. Jadi, selalu kembali ke mimpi anda. Bantu anak untuk mandiri dengan memfasilitasi mereka menyelesaikan tugas, bukan bantu anak untuk menyelesaikan tugas tanpa anda memberikan kesempatan kepadanya untuk mandiri.

  1.  Ajarkan siswa anda untuk menolak bantuan. Ajarkan dia untuk mengungkapkan “Terima kasih, tapi biarkan saya melakukannya sendiri…”.

Sekarang kita semakin meningkatkan persepsi kita tentang anak yang sebelumnya “individu yang perlu dibantu” sebagai “individu yang mampu menolak bantuan” atau bahkan “individu yang mampu membantu”.

Kita akan lebih melihat siswa kita sebagai manusia yang utuh, punya kelebihan, kekurangan, dan kemampuan.

Membuka resleting tas, berpindah tempat duduk, mengambil buku yang jatuh dan membuka tutup spidol bagi kita bisa sangat mudah,  tapi bagi mereka bisa memerlukan usaha yang luar biasa. Jadi ketika mereka bisa melakukan hal yang menurut mereka besar, maka akan kita lihat kepercayaan diri mereka tumbuh signifikan.

Langkah-langkah mengembangkan kemandirian anak yang telah anda aplikasikan sebelumnya akan memperkuat kepercayaan diri mereka. Ketika percaya diri anak semakin mantap, maka ajarkan dia untuk menolak ketika orang lain memberikan bantuan. Hal ini sangat penting sebagai tahapan anak mulai mengadvokasi diri. Dia bisa menentukan kapan dia memerlukan bantuan dan kapan dia dapat mengandalkan kemampuannya. Martabat anak akan semakin terbentuk sehingga dia menjadi individu yang tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Pikirkan bagaimana cara terbaik anak untuk mengekspresikan penolakan secara tepat.

 

  1. Hilangkan prompt/bantuan secara bertahap.

Kenali setiap perkembangan yang dicapai oleh siswa dan rencanakan bagaimana prompt yang biasa diberikan dapat berangsur-angsur hilang. Prompt dapat berupa gesture (mengangguk, menggeleng kepala), verbal (instruksi, pertanyaan, pernyataan), visual (gambar, objek), modelling (dicontohkan oleh orang lain), dan fisik (hand under hand).

Berkurang / hilangnya prompt menjadi salah satu indikator bahwa siswa telah mengalami perkembangan dan menguasai kemampuan yang telah menjadi target pembelajaran.

  1. Tahan diri anda untuk membantu pekerjaan anak. Ingat, ini adalah tentang kemampuan anak, bukan kemampuan anda!

Jangan dulu dikoreksi kesalahan anak tapi refleksikan dulu sejauh mana kita telah memfasilitasi anak dalam mengerjakan tugasnya.

Kita harus kembali kepada prinsip bahwa yang kita kembangkan adalah kemampuan anak, bukan kemampuan kita. Jadi guru harus membantu anak bagaimana berpikir dan menyelesaikan masalah semandiri mungkin.

Dalam bidang akademik, tentu guru perlu terlebih dahulu menguasai konten materi. Kemudian ketika siswa belajar konten tersebut, guru perlu temukan cara terbaik bagi siswa untuk menguasainya. Bukan sekedar menghapal apa yang guru terangkan.

(Guru mencoba menahan diri untuk memberikan bantuan dengan menaruh tangannya dibawah kursi)

Sedangkan dalam bidang non-akademik, guru perlu menentukan panduan kerja umum (tentang kondisi atau kemampuan anak yang sudah dikusai dan yang perlu dikembangkan) yang berguna ketika anak mengerjakan tugas tertentu, sehingga guru memiliki konsistensi dalam melakukan pendekatan pembelajaran terhadap anak.

  1. Buka kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak untuk berinteraksi dengan orang lain

Ketrampilan komunikasi dan sosial sangat penting sebagai pintu awal membuka lingkungan yang lebih luas bagi anak. Dengan semakin baik ketrampilan komunikasi dan sosial yang anak miliki, maka akan lebih banyak orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan anak, dan akan meminimalisir ketergantungan pada satu atau dua orang.

Teman sebaya adalah lingkungan terdekat anak selain keluarga. Oleh karena itu kembangkan kemampuan siswa untuk berinteraksi dan meminta tolong kepada teman sebaya daripada kepada anda sebagai guru atau kepada orang tuanya.

Dengan memiliki hubungan yang baik dengan teman sebaya, maka anak juga bisa melihat teman nya sebagai role model dalam hal kemandirian seperti menentukan pilihan kegiatan, dengan siapa akan melakukan kegiatan, bagaimana kegiatan akan dikerjakan/diselesaikan, dan sebagainya.

Guru perlu memastikan teman sebaya yang menjadi role model anak harus merasa nyaman dan tidak terpaksa sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

Silakan untuk mempraktekkan satu persatu strategi diatas. Startegi berikutnya akan dibahas pada bagian 3.

Bincang Santai Cara Mengelola Media Sosial

P4TK TK dan PLB Bandung melakukan kunjungan ke Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis

Iran Libas Tuan Rumah

Jakarta – Tim Wheelchair Basketball Iran masih terlalu tangguh bagi Indonesia. Tim tuan rumah dibuat tak berkutik pada pertandingan penyisihan

Memahami Pelajaran IPA melalui Praktikum Untuk Siswa Sekolah Dasar

Tiada hentinya guru-guru hebat berusaha memberikan pengalaman terbaik untuk peserta didiknya. Pada kesempatan kali ini 14 guru SD IT Bina

Lapor Beri Kami Penilaian WhatsApp
saldo5d saldo5d saldo5d saldo5d saldo5d slotgacor.lat rekale.com slotdennislim.com saldo5d.com uromexilforte.online hivunani.com crystalix.fun a2g.info theringsideview.com capefearnet.com terobos.online saldo5d willboydforalabama.com fxlearningbook.com gretegross.com eastendphoenix.com brewbokeh.com lisinoprilmx.com gclubpro89.pro biao.is fahimmni.hudhudclient.com osgohome.com/assets satlist.nl doorisgroup.com interdeportesonline.com kesintisizfm.com cheerylittlething.com raiseyourvoiceacting.com manjaro-es.org recmats.com asiaplate.com berbecuta.com edycom.id joscafe.com smartpowered.org certified-tool.com saldo5d sawfirst.net extremelyslot.org superteques.com melodiousessencescbd.org saldo5d saldo5d summerketo.net saldo5d nettlethrone.com saldo5d morgancohistory.org ivermectinmedicine.com muzeum-chotebor.org saldo5d saldo5d mosqibolt.net inthefieldonline.net alona-tal.org adopsclubindia.com onlinepaydayadvanceloans.com lottoviet.com lasixor.online metforminn.online linkinbioskye.com pelitainvestama-indonesia.com slot thailand togel japan slot dana slot pulsa toto slot contractionmaster.com www.dsidelannee.fr puppyclub.org norvascamlodipinegh.com toto togel situs toto link toto situs toto saldo5d link toto situs toto togel slot toto 4d revistaventanaabierta.es link toto situs togel situs togel bandar togel bandar togel toto 4d bandar togel togel dana togel dana toto slot bandar togel pafiprofmedan.org pafiprofjakarta.org pafiprofbanten.org pafiprofsurabaya.org pafiprofserang.org pafiprofbandung.org pafiprofbali.org pafiprofsolo.org pafiprofsulawesi.org pafiprofkalimantan.org pafiprofjateng.org pafiprofkaltim.org pafiprofaceh.org pafiprofsulsel.org pafiprofpalembang.org pafiproflampung.org pafiprofjambi.org pafiprofpekanbaru.org pafiprofsulteng.org pafiprofsamarinda.org toto 4d bandar togel togel slot situs toto situs toto toto slot link toto toto togel situs toto situs toto togel slot slot thailand toto macau slot dana situs toto toto 4d bandar togel toto togel togel wla bandar togel link toto saldo5d link toto situs toto toto slot