Diklat Program Sekolah Ramah Anak Tahap 2 Bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021
4 November 2021
A. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini dilaksanakan secara tatap muka ( luring ) pada tanggal 2 s.d 4 November 2021. Kegiatan ini bertempat di SDN 25 Banda Aceh, SDN 56 Banda Aceh dan SDN 20 Banda Aceh.
Narasumber pada kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini adalah sebagai berikut:
No | Nama | Instansi |
1 | Nita Harini, M.Pd | PPPPTK TK dan PLB |
2 | Dede Supriyanto, S.Pd., M.Ed | PPPPTK TK dan PLB |
3 | Sri Handajani, S.Sos.,MM | PPPPTK TK dan PLB |
4 | Tia Nurmeliawati, M.Psi | PPPPTK TK dan PLB |
C. Peserta
Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 59 orang Guru SD terdiri dari: 19 orang guru dari SDN 25 Banda Aceh, 20 orang guru dari SDN 56 Banda Aceh dan 20 orang guru dari SDN 20 Banda Aceh. (daftar peserta terlampir).
D. Panitia
Susunan Kepanitiaan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 adalah sebagai berikut.
NAMA | JABATAN |
Pengarah | |
Drs. Abu Khaer, M.Pd | Kepala PPPPTK TK PLB |
Narasumber | |
Dr. Joko A. Julifan, M.Si | Kepala Bagian Tata Usaha PPPPTK TK dan PLB |
Dr. Agus Mulyadi, M.Pd | Kapokja Teknologi Informasi dan Pembelajaran PPPPTK TK dan
PLB |
Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd | Kapokja Humas dan Kerjasama PPPPTK TK dan PLB |
Dr. Hermansyah, M.Pd | Kapokja Peningkatan Kompetensi PPPPTK TK dan PLB |
Penanggung Jawab Akademis | |
Nita Harini, M.Pd | |
Panitia | |
Aan Anita, S.Pd | Ketua |
Dra. Ati Suciati | Anggota |
Diah Rani Nuraeni, S.Pd | Anggota |
Moch. Fajar Ekawarna | Anggota |
Panitia dari Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh | Anggota |
Panitia dari Save Education Aceh (SEA) | Anggota |
Panitia dari Save Education Aceh (SEA) | Anggota |
E. Struktur Program
Struktur program dari Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 dapat dilihat dalam Tabel berikut
A. | Umum | ||
Kebijakan PPPPTK TK dan PLB | 2 | Kepala PPPPTK
TK dan PLB |
|
B | Pokok | ||
B3 | Pengembangan Program dan | 15 | Tim Fasilitator: |
Kurikulum bagi Anak | Dede Supriyanto | ||
Berkebutuhan Khusus | Nita Harini | ||
B3.1 | Perencanaan berpusat pada anak | 5 | Sri Handajani |
berdasarkan hasil asesmen dengan | Tia Nurmeliawati | ||
melibatkan keluarga (PPI) | |||
B3.2 | Model Pengembangan Kurikulum | 3 | |
B3.3 | Penerapan Model Pengembangan | 3 | |
Kurikulum | |||
B3.4 | Penyusunan RPP | 4 | |
B4 | Strategi Pembelajaran dan | 15 | |
Pengelolaan Kelas dalam Seting | |||
Sekolah Inklusif | |||
B4.1 | Strategi pembelajaran efektif | 4 | |
B4.2 | Menciptakan Lingkungan | 4 | |
Pembelajaran yang Positif dan | |||
Suportif | |||
B4.3 | Pengembangan Media | 4 | |
Pembelajaran | |||
B4.4 | Evaluasi Pembelajaran dalam | 3 | |
setting Pendidikan Inklusi. | |||
B5 | Pelaksanaan Praktik Lapangan | 10 | |
C | Penunjang | ||
C1 | Rencana Tindak Lanjut | 1 | Tim Fasilitator |
C2 | Pretest dan Postest | 2 | |
Jumlah | 45 |
F. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi Tahun 2021 ini sebagai berikut.
Jam | H1 | H2 | H3 |
2/11 | 3/11 | 4/11 | |
07.30 – 08.15 | Pre test | B3 | B4 |
08.15 – 09.00 | B3 | B3 | B4 |
09.00 – 09.45 | B3 | B3 | B4 |
09.45 – 10.15 | B3 | B3 | B4 |
10.15 – 11.00 | B3 | B3 | B4 |
11.45 – 12.30 | B3 | B3 | B4 |
12.30 – 13.30 | Istirahat | ||
13.30 – 14.15 | B3 | B4 | B4 |
14.15 – 15.00 | B3 | B4 | B4 |
15.00 – 15.45 | B3 | B4 | B4 |
15.45 – 16.30 | B3 | B4 | B4 |
16.30 – 17.15 | B3 | B4 | Post Test |
17.15 | Penutupan |
Ket:
B3: Pengembangan Program dan Kurikulum bagi Anak Berkebutuhan Khusus
B4 : Strategi Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas dalam Seting Sekolah Inklusif
G. Pendanaan
Biaya pelaksanaan kegiatan Diklat Program Sekolah Ramah Anak – Tahap 2 bagi Guru Sekolah Inklusi ini bersumber dari PPPPTK TK dan PLB Tahun Anggaran 2021
Agenda Diklat Lainnya
Diklat Digital Portfolio Bagi Guru dan Kepala TK Gel V – Gel VIII
PPPPTK TK dan PLB Cloud Teacher Training : “Digital Portfolio bagi Guru dan Kepala TK” Digital Portfolio merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam
Hasil Seleksi Calon Peserta Diklat Digital Portfolio Bagi Guru dan Kepala Sekolah TK
Seleksi Calon Peserta didasarkan pada Persyaratan persyaratan peserta yang di muat pada s.id/ctt-tk-df , hasil seleksi ini bersifat sementara sampai muncul surat
Diklat Daring “Strategi Pembelajaran AUD Berbasis Multiple Intellegence” Gel. II
PPPPTK TK dan PLB Cloud Teacher Training : Strategi Pembelajaran AUD Berbasis Multiple Intellegence Gel. II Setiap anak di dunia ini memiliki