Coaching Trainer MDVI Level 2
21 August 2018

MDVI – Multi Disability Visual Impairment atau yang kita kenal dengan Ketunaan Ganda dengan Gangguan Penglihatan, merupakan salah satu ketunaan yang menjadi tanggungjawab PPPPTK TK dan PLB Bandung khususnya dalam hal meningkatkan akses layanan pendidikan melalui guru yang mengajar pada ketunaan ini. Sejak tahun 2016, Perkins International – Boston adalah partner bekerja untuk mengupayakan peningkatan kompetensi guru SLB yang memiliki siswa-siswa MDVI. Melalui program pelatihan trainer yang akan dilaksanakan dalam 4 tahap selama 4 tahun, model pelatihan Perkins ini telah berjalan mulai tahun 2017. Sebanyak 5 kelas dengan peserta 30 orang guru SLB setiap kelasnya telah dilatih tahap 1 selama 10 hari di tahun 2017 dan 2018. Pendampingan selama minimal 6 bulan setelah pelatihan dilakukan oleh tim Perkins dan WI PPPPTK TK dan PLB Bandung, kepada setiap peserta guru yang dinilai secara terus menerus sebagai proses seleksi untuk naik ke tahap 2.
Untuk mempersiapkan pelatihan tahap 2, Tim Perkins yaitu Ibu Weni dan Ms. Namita (India) secara berkelanjutan melakukan pendampingan untuk persiapan pelatihan tahap 2 yang akan dilaksanakan pada bulan September tahun ini. Pendalaman materi untuk setiap sub tema modul yang sudah dipersiapkan oleh Perkins dan sudah di terjemahkan dalam bahasa Indonesia akan dihantarkan saat pelatihan berlangsung. Semoga peserta guru segera dapat mengikuti pelatihan ini. Bravo guru SLB … Bravo Perkins International … Bravo PPPPTK TK dan PLB.
Karya GTK Lainnya

Mengenal Paradigma Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan
GTK – Penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan didasarkan pada beberapa paradigma. Sebagian paradigma bersifat universal, dikenal dan dipakai berbagai bangsa, dan sebagian

Mengembangkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar (bagian 1)
Dalam mendidik anak dengan berkebutuhan khusus, guru perlu memperhatikan bagaimana mengembangkan kemandirian anak dalam belajar dan memperoleh pengalaman baru. Berikut

The Role of Teacher and Parent in Korean Kindergarten oleh Hyelin Jeong. Ph.D pada hari Kamis, 7 Maret 2019 di Seoul National University of Education
Pada materi hari ini, Dr.Jeong menjelaskan tentang bagaimana peranan orangtua pada pendidikan anak di Korea serta bagaimana perbandingan TK di