Training of Trainer (ToT) Calon Pengajar Pelatihan PM bagi Pengawas Sekolah Telah Usai Dilaksanakan
15 September 2025

Bandung (15/09) – Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan (BBGTK) Jawa Barat menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Calon Pengajar Pelatihan Pembelajaran Mendalam (PM) bagi Pengawas Sekolah pada 11–15 September 2025. Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi, yaitu Travello Hotel dan Hotel Novotel Bandung, dengan diikuti oleh 192 pengawas sekolah dari berbagai daerah di Jawa Barat.
Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah dalam memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan pendekatan Pembelajaran Mendalam. Melalui model flipped learning, peserta terlebih dahulu melakukan pembelajaran mandiri secara daring, kemudian mengikuti sesi tatap muka berupa diskusi, praktik kelompok, serta simulasi mengajar orang dewasa (peer teaching).
Selain itu, materi yang diberikan mencakup penguatan pola pikir bertumbuh, kerangka kerja Pembelajaran Mendalam, pendampingan kepala sekolah dan guru dalam implementasi PM, hingga penyusunan inkuiri kolaboratif. Dengan bekal ini, para peserta diharapkan mampu menjadi fasilitator yang efektif dalam mendukung transformasi pembelajaran di satuan pendidikan.
Sejalan dengan semangat tersebut, rangkaian TOT ditutup oleh Kepala BBGTK Jabar, Dr. Sugito Adiwarsito, M.Pd.Or. Beliau menyampaikan, “Saya berharap, bapak ibu dapat menyampaikan pembelajaran yang mindful, joyful, dan meaningful secara sederhana kepada peserta didik. Sehingga, siswa dapat memahami manfaat dan tujuan pembelajaran dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, itulah prinsip pembelajaran mendalam.” *FA
Artikel Lainnya

Pak Menteri Menyapa Murid dan Guru di Awal Tahun Ajaran 2025/2026
Bandung (14/07) — Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2025/2026, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah menggelar kegiatan “Pak Menteri Menyapa

Pojok Belajar KKG SD Kecamatan Langkaplancar
Bandung – BBGP Jabar kembali menyelenggarakan kegiatan Pojok Belajar. Peserta kegiatan kali ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) SD, Kecamatan

Mengembangkan Kemandirian Anak berkebutuhan khusus Dalam Belajar (Bagian 3 – Habis)
Dalam mendidik anak dengan berkebutuhan khusus, guru perlu memperhatikan bagaimana mengembangkan kemandirian anak dalam belajar dan memperoleh pengalaman baru. Berikut