Fasilitasi Praktikum IPA SDN 260 Griya Bumi Antapani : Fotosintesis – Mengenal cara tumbuhan membuat makanan
22 February 2024

Halo Sahabat BBGP Jabar! Pada tanggal 13 dan 15 Februari 2024, adik-adik dari SDN 260 Griya Bumi Antapani berkunjung ke laboratorium fisika dan biologi. Kira-kira bagaimana keseruan adik-adik belajar disini?
Sebanyak 77 siswa melakukan percobaan di dua laboratorium. Pada laboratorium biologi, adik-adik ini mempelajari tentang proses fotosintesis (cara tumbuhan hijau mendapat makanan dengan menghasilkan karbohidrat dan oksigen). Proses fotosintesis ini berawal dari karbondioksida yang bereaksi dengan uap air, dan dibantu oleh cahaya matahari. Proses ini akan menghasilkan oksigen yang kita gunakan untuk bernafas juga karbohidrat atau yang biasa disebut dengan zat tepung. Di laboratorium proses fotosintesis dapat dibuktikan dengan melakukan uji sach dan uji ingenhousz. Uji sach dilakukan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan zat tepung, sementara uji ingenhousz dilakukan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen.
Setelah itu, adik-adik juga belajar di laboratorium fisika. Di sini mereka belajar tentang bagaimana penggunaan cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung pada kehidupan sehari hari, belajar mengenai energi gerak. Selain itu juga mereka praktikum gaya magnet, gaya listrik statis, dan menyelidiki pengaruh gaya terhadap benda.
-Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini. Maka bersemangatlah dalam mempelajari sesuatu yang bermanfaat-
Berita Lainnya

Asyiknya Belajar Jurnalistik
Penggiat media sosial PPPPTK TK dan PLB pada Minggu (20/12) mengikuti pelatihan jurnalistik di Hotel Swissbell, Cirebon. “Setelah ini, semoga

Studi Tiru BBPMP Jawa Barat: Bangga Berintegritas dan Menebar Manfaat
Bandung (11/01), Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat berkunjung ke Kantor BBGP Jabar dalam rangka studi tiru terkait

Mengembangkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar – Bagian 2
Dalam mendidik anak dengan berkebutuhan khusus, guru perlu memperhatikan bagaimana mengembangkan kemandirian anak dalam belajar dan memperoleh pengalaman baru. Berikut